Wednesday, December 15, 2010

10 alasan mengapa pengembang memilih SYMBIAN


10 alasan mengapa para developer layak mengembangkan aplikasi Symbian di Nokia:

10. Keluwesan – Platform mana yang mendukung seluruh perangkat mulai dari high-end, low-end, keyboard QWERTY, sentuh, fitur, dan smartphone? Ya, hanya Symbian. Hanya ada layar sentuh? Oh sangat membosankan.

9. Ovi Store – Ketika aplikasi anda selesai, anda membutuhkan tempat untuk menjualnya. Bagaimana dengan sebuah kios dengan 3 juta unduhan per harinya? Atau kios di mana konsumen mengunduh rata-rata 2,6 aplikasi per kunjungan? Atau kios global yang tersedia dalam 30 bahasa? Atau bagaimana dengan satu milyar unduhan per tahun, setara dengan para pesaing utama kami?

8. Pertumbuhan Ovi – 3 juta unduhan per hari? Ini angka yang bertambah dengan sangat cepat. Ovi Store terus berkembang, tiap detiknya. Pertambahan sebesar 2,9 orang per detik. Atau sama dengan 250.000 akun Ovi per hari.

7. Selalu berkembang – Symbian terus menerus dikembangkan dan diperbarui. Sekitar 250 fitur baru diperkenalkan di Symbian ^3. Beberapa fitur baru untuk rilis Symbian ^3 berikutnya sudah diumumkan, seperti input teks layar-terpisah, Swype, QWERTY dalam modus vertical, dan browser web yang sama sekali baru (awal 2011 nanti).

6. Masa depan – Kompatibilitas. Ini artinya aplikasi anda akan kompatibel dengan perangkat-perangkat masa depan dalam banyak tahun yang akan dating. Dan ketika MeeGo hadir, aplikasi Qt anda akan dengan mudah disesuaikan.

5. Symbian dan Nokia adalah nomor 1 – Nokia berencana untuk menjual 50 juta piranti Symbian ^3. Ini jumlah konsumen potensial yang sangat besar. Ini karena Symbian adalah platform smartphone yang paling banyak digunakan di dunia.

4. Bahasa – Selamat tinggal C++ yang membingungkan. (Saya sangat membencinya ketika kuliah!) Halo Qt, Qt Quick, dan HTML 5. Mengembangkan aplkasi untuk Symbian tidak pernah semudah sekarang. Dengan pengurangan kode sekitar 70%, ini artinya lebih banyak waktu bagi pengembang untuk meningkatkan aplikasi, atau membuat yang baru.

3. Calling All Innovators – Di awal saya mengatakan sepuluh alasan untuk mengembangkan aplikasi buat Symbian. Mungkin saya seharusnya mengatakan sepuluh Juta. Kompetisi Calling All Innovators memberikan hadiah USD 10 juta bagi para pengembang. Terdiri dari 17 hadiah sebesar USD 150.000 dan dua hadiah utama sebesar USD 250.000 berupa uang tunai dan USD 1,9 juta dalam bentuk pemasaran Nokia.

2. Penagihan Operator – Pertanyaan: Berapa besar penetrasi kartu kredit di Jerman? Rendah, hanya 30 persen. Jadi bagi 70 persen penduduk Jerman, penagihan operator sangat penting. Ovi Store menjalankan penagihan operator untuk 99 operator di 29 negara. Pertanyaan lagi: Berapa banyak operator yang sekaligus menjalankan penagihan operator untuk Apple, Blackberry, Android, dan Getjar? Hanya satu. Wow! Dua dari tiga pengguna memilih menggunakan penagihan operator daripada kartu kredit. Dan pembelian meningkat 13 kali dibandingkan dengan ketika pilihannya hanya kartu kredit. Wow kali 13!

1. Kasus Sukses – Butuh fakta? Bagaimana dengan contoh nyata: 92 pengembang telah melampaui titik 1 juta unduhan di Ovi Store. Offscreen Technologis mencapai lebih dari 45 juta unduhan di lebih dari 200 negara. Digital Chocolate mencapai lebih dari empat juta unduhan untuk permainan. HeroCraft menikmati lebih dari 10 juta unduhan. Lunaforte? Enam juta unduhan. Idevio: dua juta unduhan. Dan tidak lama setelah diluncurkan di Ovi Store, Shazam menjangkau lebih dari 120 negara, sebuah pertumbuhan sebesar dua kali lipat.

Adakah yang terlewat? Atau anda punya alasan lain?

No comments:

Post a Comment